Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
AdvertorialPemkab Berau

Tingkatkan Produksi Pangan, Bupati Berau Komitmen Dukung Penuh Pengembangan Sawah

Avatar of Redaksi
ZonaTV
431
×

Tingkatkan Produksi Pangan, Bupati Berau Komitmen Dukung Penuh Pengembangan Sawah

Sebarkan artikel ini
d69f9523 picsart 24 04 30 11 00 31 789 11zon
Example 468x60

Tanjung Redeb – Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Peternakan (DTPHP) Kabupaten Berau kembali melakukan pengembangan area sawah di Kampung Tabalar Muara, Kecamatan Tabalar, Berau.

Pengembangan itu dilakukan oleh dinas terkait dengan harapan luas lahan dan jumlah produksi pangan di Kabupaten Berau semakin meningkat dari waktu ke waktu.

Kepala DTPHP Kabupaten Berau, Junaidi menegaskan sesuai regulasi yang ada, pengembangan area sawah di Tabalar Muara dilakukan berdasarkan usulan dari pemerintah kampung ke Bupati Berau.

“Karena ada Gapoktan Koala Jaya dengan 5 kelompok tani yang sudah memiliki sertifikat dan akta pelepasan,” ungkapnya kepada media ini, Jumat (17/5/2024).

Usulan itu diterima, lanjutnya, karena di Tabalar Muara terdapat sumber air permukaan yang memiliki potensi yang bagus dengan adanya DAM yang sudah dibuat Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Berau.

“Selain itu pengembangan juga dilakukan karena masih adanya sebagian masyarakat yang membeli beras di luar kampung. Sehingga pengembangan sawah sangatlah mendesak,” tegasnya.

Diakuinya, saat ini luas lahan persawahan yang diolah para petani Tabalar Muara seluas 30 hektare (Ha). Jumlah itu pun masih jauh dari jumlah lahan potensial sekira 250 Ha yang masih bisa digarap.

“Luas lahan yang berpotensi kurang lebih 250 Ha. Yang sudah diolah 30 Ha menjadi sawah. Sehingga yang belum diolah kurang lebih 220 Ha,” jelasnya.

Ditegaskannya, jumlah produksi pangan khususnya padi di Tabalar Muara cukup menjanjikan. Karena itu, pengembangan lahan di Tabalar Muara, seperti juga yang dilakukan di Segah dan Pesayan saat ini, diharapkan dapat eksis seperti di Buyung-Buyung.

“Kalau di Buyung-Buyung ratusan hektare sudah eksisting, sudah ditanam secara terus menerus. Sehingga pengembangan ini diharapkan dapat meningkatan lahan pangan dan jumlah produksi pangan juga bertambah,” imbuhnya.

Ke depan, tambah Junaidi, pengembangan sawah di Tabalar Muara dapat dibantu dengan pengadaan pompa air dan bantuan pupuk. Terkait bantuan itu, pihaknya pun sudah menyerahkan proposal pengadaan bantuan ke Bupati Berau.

“Sumber air harus dibantu dengan pompa air untuk mengairi sawah. Karena posisinya secara elevasi agak tinggi, kecuali air pasang. Pompa air dan juga pupuk ini baru diusul,” tandasnya.

Sementara itu, Bupati Berau  Sri Juniarsih Mas berkomitmen untuk mendukung penuh aktifitas pengembangan sawah khususnya di Kabupaten Berau. Selain memberikan manfaat banyak bagi petani juga menjadi strategi untuk menjaga ketahanan pangan di daerahnya.

Sebelumnya, Kampung Tasuk di Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau, menerima bantuan satu unit lumbung pangan senilai Rp190 juta dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Berau. Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyerahkan bantuan tersebut kepada Pemerintah Kampung Tasuk pada Sabtu, 2 Maret 2024, dengan harapan dapat meningkatkan perekonomian warga.

Bupati menilai sektor pertanian di Kampung Tasuk sangat menjanjikan, dan berharap lumbung pangan ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk menampung dan mengelola hasil bumi.

“Sehingga hasilnya dapat dinikmati masyarakat secara luas,” ungkapnya. (Adv/Elton/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan