Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
Berita

Sempat Dikeluhkan, Fasilitas Puskesmas Kampung Bugis Akan Dilengkapi

Avatar of Redaksi
ZonaTV
352
×

Sempat Dikeluhkan, Fasilitas Puskesmas Kampung Bugis Akan Dilengkapi

Sebarkan artikel ini
7efeeffe picsart 24 05 08 19 11 52 605 11zon
Example 468x60

Tanjung Redeb – Pembangunan gedung baru Puskesmas Kampung Bugis, yang terletak di Jalan Mangga II, Tanjung Redeb, sempat dikeluhkan pihak puskesmas lantaran pembangunan gedung baru itu dinilai belum tuntas.

Menanggapi keluhan itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Berau, Lamlay Sarie menegaskan akan melengkapi fasilitas-fasilitas lainnya yang dibutuhkan melalui ABT tahun ini atau pada anggaran tahun depan.

“Ini sambil sambil berjalan. Kita berharap ABT ada beberapa item yang kita lengkapi. Sekarang fokus di proses pemindahan dulu. Info dari pihak Puskesmas, mereka akan pindah ke gedung baru esok,” ungkapnya Senin (13/5/2024).

Meskipun dibutuhkan beberapa fasilitas tambahan, lanjutnya, fasilitas prioritas yang dibutuhkan sebuah puskesmas, sudah sesuai standar Kemenkes. Karena itu, puskesmas itu sudah bisa ditempati.

“Standar untuk tahap 1 sudah lengkap. Prototipenya mengikuti standar Kemenkes, ada ruang poli, gawat darurat, ada ruangan administrasi. Tapi untuk pos security, kantin, pagar, pengusulan tahap selanjutnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, Kepala Puskesmas Kampung Bugis Bachri Karta Kesuma menjelaskan pihaknya sebenarnya belum mempunyai keinginan untuk pindah ke gedung baru Puskesmas tersebut. Mengingat Puskesmas tersebut juga masih dalam tahap pemeliharaan selama 180 hari.

“Kalau saya secara pribadi tidak mau pindah. Artinya mesti selesai semuanya dulu parkir, pagar, kantin, pos security dan sebagainya dulu. Maksud saya masuk ke Puskesmas baru dengan semuanya serba baru,” jelasnya, Rabu (8/5/2024).

Disampaikannya, salah satu alasan agar pihaknya harus segera pindah ke gedung baru di Jalan Mangga II tersebut karena gedung lama Puskesmas Kampung Bugis akan dijadikan sebagai Labkesda.

“Jadi kami bersurat pinjam pakai gedung. Tapi takutnya kalau ada kerusakan, kami lagi yang mengganti selama 180 hari itu. Jadi itu pagarnya belum selesai, parkiran juga belum selesai. Jadi kami masih sibuk-sibuk bersihkan,” terangnya.

Jika rencana pindah itu dilakukan, lanjutnya, pelayanan di gedung lama Puskesmas Kampung Bugis akan ditutup sementara. Berikutnya akan dialihkan ke Puskesmas Tanjung Redeb.

“Perkiraan saya tanggal 13 akan ditutup sementara pelayanan di Puskesmas Kampung Bugis. Bisa diarahkan ke Puskesmas Tanjung,” jelasnya.

Pejabat Pembuat Pembuat Komitmen (PPK) Puskesmas Kampung Bugis, Jemmy menegaskan serah terima pekerjaan fisik gedung/ PHO sudah dilaksanakan sejak 25 Januari 2024. Karena itu, pihak Puskesmas sudah dapat pindah ke gedung baru.

“Serah terima pekerjaan/PHO tanggal 25 Januari 2024. Untuk fasilitas furniture dan lain-lain itu bagiannya bidang umum. Kami hanya bangunan fisiknya,” imbuhnya.

Ditambahkannya, saat ini memang gedung baru Puskesmas itu masih dalam tahap pemeliharaan. Sedangkan fasilitas lainnya yang belum selesai seperti pagar dan parkir masih diusulkan.

“Untuk pagar dan parkir masih usulan. Untuk bangunan masih masa pemeliharaan 180 hari,” singkatnya. (Elton/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan