Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BeritaBerau

Boiler Unit 2 PLTU Lati Pemeliharaan, PLN Rugi Akibat Pemadaman

Avatar of Redaksi
ZonaTV
145
×

Boiler Unit 2 PLTU Lati Pemeliharaan, PLN Rugi Akibat Pemadaman

Sebarkan artikel ini
59f773a7 img 20230911 wa0151 11zon
Example 468x60

Tanjung Redeb – Boiler Unit II PLTU Lati kembali dilakukan perawatan, itu membuat kebutuhan daya listrik di Berau menjadi berkurang. Tak ayal, PLN UP3 Berau kembali mengatur strategi untuk pemadaman kala beban puncak terjadi.

Manager ULP Tanjung Redeb, PLN UP3 Berau, Akhlis mengatakan, bahwa PLTU Lati sudah bersurat ke PLN UP3 Berau untuk melaksanakan pemeliharaan boiler unit 2. Yang terhitung sejak 1 hingga akhir September mendatang.

“Jadi memang saat ini PLTU Lati itu memadamkan generator dan boiler unit dua. Hal itu menyebabkan suplai ke PLN UP3 Berau menjadi berkurang,” ujarnya.

Diakuinya, harusnya daya di Bumi Batiwakkal cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Berau. namun dikarenakan PLTU Lati tidak menyuplai listrik secara maksimal, mengakibatkan adanya pemadaman.

“Pemadaman ini akan dilakukan ketika daya listrik telah mencapai beban puncak,” terangnya.

Akhlis mengungkapkan, pihaknya sudah mencoba untuk bernegosiasi agar pemeliharaan yang dilakukan oleh PLTU Lati bisa diubah waktunya. Kendati demikian, PLTU Lati telah mendatangkan teknisi dari Tiongkok untuk perawatan boiler tersebut.

“Kami sudah mencoba untuk berkomunikasi terkait persoalan itu. Tapi memang, sudah terlanjur mendatangkan teknisi dari Tiongkok. Jadi tidak mungkin diundur lagi waktunya,” bebernya.

Menurutnya, jika semua mesin pembangkit berfungsi dengan baik. Maka daya yang dihasilkan bisa mencapai 37 Mega Watt. Terlebih, saat ini juga interkoneksi dari Tanjung Selor juga menyuplai hingga 3 Mega Watt. Yang berarti, daya di Berau harusnya surplus.

“Beban puncak itu bisa mencapai 36 Mega Watt, dengan total daya yang ada, harusnya tidak ada lagi pemadaman listrik berjadwal. Namun, karena PLTU Lati tak mampu menyuplai daya maksimal, akhirnya ada muncul jadwal itu. Daya yang hilang dari PLTU Lati itu 4,5 Mega Watt,” katanya.

Lebih lanjut, PLN UP3 Berau dengan PLTU Lati dalam perjanjian kerjasamanya, hanya bisa membeli sisa daya yang mau dijual oleh PLTU Lati. Lantaran, kerja sama antara PLTU Lati dan PLN berjenis excess power.

“PLTU punya wilayah usaha ke tambang. Dan sisa dari tambang itulah yang diberikan ke PLN,” jelasnya.

Akhlis mengungkapkan, dengan adanya pemadaman seperti ini, pihaknya mengaku merugi. Lantaran, pemasukan menjadi berkurang. Namun, pengeluaran tetap.

“Ini tentu membuat kami rugi. Tapi apa boleh buat. Kami ini pelayan publik, selain memikirkan bisnis tentu kami juga memikirkan pengabdian kepada masyarakat. Kami juga tentunya tidak ingin ada pemadaman. Karena, kami juga terdampak,” tandasnya.

Sementara itu, saat di konfirmasi Direktur PT IPB, Najemuddin mengklaim bahwa pihaknya sudah tidak menjabat lagi di perusahaan konsorsium tersebut.

“Saya bukan lagi sebagai direktur PT IPB, jadi saya tidak bisa menjawab pertanyaan apapun terkait PT IPB,” tandasnya. (FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!