Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BeritaBerau

SMSI se Kaltim Siap Wujudkan Pemilu Damai

Avatar of Redaksi
ZonaTV
104
×

SMSI se Kaltim Siap Wujudkan Pemilu Damai

Sebarkan artikel ini

Rakerda SMSI Kaltim 2023, Kompak Ciptakan Situasi Politik Bermartabat

5e5b79ba picsart 23 12 07 19 57 39 338 11zon
Example 468x60

Tanjung Redeb – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kaltim mengadakan rapat kerja daerah. Berlangsung di Hotel Bumi Segah, Tanjung Redeb Berau, kegiatan pada Kamis, 7 Desember 2023 tersebut, dibuka Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, yang mewakili Penjabat Gubernur Kaltim, Akmal Malik.

Rakerda SMSI Kaltim ini dihadiri sejumlah pemilik perusahaan pers dari seluruh Kaltim. Ketua SMSI Kaltim, Abdurahman Amin mengatakan, SMSI merupakan asosiasi perusahaan media yang terbesar di Kaltim saat ini. Ia menyatakan bahwa SMSI sebagai konstituen Dewan Pers terus berupaya berkontribusi dalam dunia pers sebagai pilar keempat demokrasi.

“Pers adalah anak kandung demokrasi. Itulah sebabnya, pers harus sehat dan bermartabat. Rakerda SMSI di Berau tahun ini berupaya untuk mencapai tujuan mulia tersebut,” jelas Rahman.

Ia menambahkan bahwa pers yang sehat dan wartawan yang sejahtera sangat memengaruhi kualitas pemberitaan. Faktor-faktor tersebut turut menentukan kualitas seorang jurnalis yang bekerja di perusahaan pers.

Memasuki tahun politik pada 2024, SMSI Kaltim yang menaungi 99 perusahaan pers di Kaltim merangkai rakerda dengan deklarasi Pemilu Damai 2024. Hal tersebut ditandai dengan penandatangan kesepahaman antara SMSI Kaltim dengan Badan Pengawas Pemilu Kaltim.

“Pers memegang peran yang penting memasuki tahapan pemilu seperti sekarang. Kami mengapresiasi inisiatif SMSI yang mendeklarasikan pemilu damai ini,” jelas komisioner Bawaslu Kaltim, Daini Rahmat.

Ketua Bidang Hukum SMSI Pusat, Makali Kumat, mengatakan bahwa SMSI telah dinyatakan sebagai asosiasi media terbesar di Indonesia. Saat ini, anggota SMSI mencapai 2.000 perusahaan pers. Ia menekankan bahwa bukan hanya kuantitas yang besar, SMSI perlu meningkatkan kualitas anggotanya.

“Kami juga mendukung kegiatan SMSI skala nasional berikutnya diadakan di Berau sekaligus mendukung sektor pariwisata di daerah,” jelas Markali yang hadir dalam rakerda.

Sementara itu, Bupati Berau, Sri Juniarsih Mas, menyampaikan pesan dari Pj Gubernur Kaltim. Menurutnya, Deklarasi Pemilu Damai 2024 ini merupakan hal positif yang dapat menjaga kondusivitas di Kaltim.

“Kepada seluruh media siber di Kaltim, kiranya menyampaikan pemberitaan yang tepat dan akurat, sehingga menghindari hoaks yang dapat memecah belah kita,” tuturnya.

Sebagai informasi, pembukaan Rakerda SMSI 2023 di Berau juga dihadiri Wakil Direktur Intelkam Polda Kaltim, AKBP Sindhu Brahmarya, yang mewakili kepala Polda Kaltim. Pembukaan rakerda juga dihadiri perwakilan kejaksaan negeri dari sejumlah kabupaten/kota, asosiasi pengusaha di Berau, serta unsur forum komunikasi pimpinan daerah di Bumi Batiwakal.

Sebelumnya dalam laporannya, Ketua SMSI Berau Indra Teguh Nur Cahyadi menyatakan kesiapannya menjadi tuan rumah Rakerda SMSI Kaltim. Menurut Direktur A-News.com ini pelaksanaan Rakerda tersebut untuk mengukur kesanggupan dirinya menggelar kegiatan berskala nasional.
“Karena kami mendorong Berau menjadi tuan rumah pelaksanaan Hari Pers Nasional (HPN) pada 2024 mendatang. Kalau rencana itu disetujui kami ingin memperkenalkan potensi wisata bahari di daerah ini,” pungkas Teguh. (*)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan