Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BeritaBerau

Kualitas Data Pertanahan Berau Disorot Kementerian, Kantah Siap Lakukan PTSL

Avatar of Redaksi
ZonaTV
93
×

Kualitas Data Pertanahan Berau Disorot Kementerian, Kantah Siap Lakukan PTSL

Sebarkan artikel ini
601e8665 picsart 24 01 29 18 36 20 485 11zon
Example 468x60

Tanjung Redeb – Kualitas data pertanahan di Kabupaten Berau, diketahui mendapat sorotan dari kementerian terkait. Salah satunya karena masih banyak lahan warga yang belum memiliki sertifikat.

Untuk mengatasi hal itu, Kantor Pertanahan (Kantah) Kabupaten Berau akan segera melakukan kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) pada sejumlah lahan warga di Bumi Batiwakkal.

Plh Kantah Kabupaten Berau, John Palapa menjelaskan PTSL itu dibuat dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas data pertanahan di Berau.

“Sehingga bidang-bidang tanah bersertifikat yang belum terploting atau terpetakan itu dapat terpetakan di database. Tujuannya ya untuk mengurangi masalah pertanahan,” jelasnya.

Diakuinya, permasalahan tanah yang selama ini terjadi di Berau juga terjadi karena sertifikat lahan belum terploting. Sehingga tidak dapat diketahui pemilik sertifikat tersebut.

“Ini yang menjadi sorotan kementrian. Ya karena itu tadi secara hak terpenuhi, tapi secara pemiliknya tidak tahu keberadaannya. Inilah menjadi salah satu target kita adakan PTSL,” terangnya.

Disampaikannya, target PTSL tahun 2024 akan menyasar 16.484 bidang tanah pada 18 kampung atau desa yakni Pegat Bukur, Inaran, Bena Baru, Gunung Sari, Bukit Makmur, Pandan Sari, dan Tepian Buah.

“Selanjutnya Harapan Jaya, Tumbit Melayu, Teluk Sumbang, Balikukup, Karangan, Maluang, Simpang Bengalon, Labanan Makarti, Suaran, Tanjung Prepata, Biduk-Biduk,” imbuhnya.

Pemetaan tanah yang dilakukan Kantah Kabupaten Berau tahun ini, tambahnya, merupakan lanjutan dari pengukuran tanah yang sudah dilakukan pada tahun 2023 silam.

“Tahun ini bisa kita naikkan bersertifikat, selama proses persyaratan PTSL punya warga tersebut lengkap,” tandasnya. (TNW/FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan