Tanjung Redeb – Menyambut arus mudik yang diprediksi akan meningkat menjelang Hari Raya Idul Fitri 2025, Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) BLU Kalimarau tengah mempersiapkan diri dengan membentuk posko mudik. Posko ini akan berfungsi untuk memberikan pelayanan dan kenyamanan bagi para pemudik yang melintasi bandar udara tersebut.
Kepala UPBU BLU Kalimarau, Ferdinan Nurdin, mengungkapkan bahwa posko mudik akan dioperasikan mulai 21 Maret hingga 11 April mendatang. Posko ini diharapkan dapat memastikan kelancaran arus mudik dan memberikan solusi bagi pemudik yang memerlukan informasi atau bantuan selama perjalanan.
“Posko ini kami siapkan untuk melayani para pemudik yang akan menggunakan jasa transportasi udara. Kami ingin memastikan segala sesuatunya berjalan lancar, baik itu dari segi operasional maupun pelayanan kepada masyarakat,” kata Ferdinan Nurdin, Kepala UPBU BLU Kalimarau, saat ditemui di kantornya.
Persiapan untuk posko mudik ini sudah berlangsung sejak beberapa waktu lalu. UPBU BLU Kalimarau kini tengah fokus pada pengadaan sarana dan prasarana pendukung serta pelatihan petugas yang akan bertugas di posko. Koordinasi juga dilakukan dengan sejumlah instansi terkait, seperti Forkopimda, TNI-Polri, Dinas Perhubungan, Perum LPPNPI, BMKG, Maskapai dan lainnya, guna memastikan kelancaran dan keamanan selama periode mudik.
Ferdinan menambahkan bahwa, selain memberikan layanan informasi dan pengaduan, posko ini juga akan mengkoordinir penanganan situasi darurat serta memastikan operasional penerbangan berjalan dengan baik, terutama pada puncak arus mudik yang diperkirakan terjadi sebelum Lebaran pada 28 Maret dan setelah Lebaran pada 6 April. Peningkatan pergerakan penumpang pada periode ini juga menjadi salah satu dampak dari upaya pemerintah dalam menekan harga tiket pesawat melalui kolaborasi dengan seluruh pemangku kepentingan, termasuk kebijakan pemotongan tarif Pelayanan Jasa Penumpang Pesawat Udara (PJP2U) bandara sebesar 50% serta Pelayanan Jasa Pendaratan, Penempatan, dan Penyimpanan Pesawat Udara (PJP4U).
“Dalam persiapan ini, kami juga bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan para penumpang, baik dari sisi keamanan di terminal, hingga ketersediaan fasilitas pendukung seperti ruang tunggu, dan sebagainya,” imbuhnya.
Sebagai bagian dari upaya meningkatkan pelayanan, UPBU BLU Kalimarau juga berencana mengoptimalkan jalur komunikasi dengan para penumpang, baik melalui aplikasi, media sosial, maupun melalui layanan langsung di posko yang akan tersedia di area bandara.
Posko mudik ini diharapkan dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik yang menggunakan transportasi udara, serta memperlancar mobilitas arus mudik yang diperkirakan akan meningkat pada periode tersebut. Keberadaan posko juga akan memberikan kemudahan dalam hal koordinasi antar instansi yang terlibat dalam pengamanan dan pelayanan mudik.
penulis: Fery