Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BerauBerita

Belum Ada Timeline Pengembalian Logistik Pemilu ke Gudang KPU Berau

Avatar of Redaksi
ZonaTV
110
×

Belum Ada Timeline Pengembalian Logistik Pemilu ke Gudang KPU Berau

Sebarkan artikel ini

Logistik Bergeser ke Kecamatan

31b6e2eb picsart 24 02 11 13 41 26 741 11zon
Example 468x60

Tanjung Redung – Pengembalian logistik pemilu ke Gudang KPU Berau usai perhitungan suara Pemilu serentak 2024 belum dapat dipastikan. Mengingat belum ada timeline yang dikeluarkan KPU RI.

Terkait hal itu, Anggota Divisi Perencanaan Data dan Informasi KPU Kabupaten Berau, Salesia menjelaskan logistik pemilu saat ini masih berada di kecamatan untuk dilakukan rekapitulasi.

“Belum ada timeline dari KPU RI. Nanti setelah selesai rekap di kecamatan baru diantar ke Gudang KPU,” jelasnya.

Pengembalian logistik pemilu tersebut, lanjutnya, juga tidak dapat dikembalikan secara serentak. Pasalnya, jumlah TPS di setiap kecamatan berbeda-beda.

“Masing-masing kecamatan beda jumlah TPS-nya. Jadi, ada yang cepat selesai rekap dan ada yang lama,” terangnya.

Dengan adanya proses rekapitulasi yang masih berjalan, hasil perhitungan suara terutama untuk DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten belum dapat diketahui.

“Blm bisa juga mereka sampaikan hasil kerena tunggu selesai rekap di kecamatan baru bisa tahu hasilnya,” imbuhnya.

Terpisah, Ketua Panwascam Kecamatan Gunung Tabur, Edi Jonet menjelaskan sekira pukul 12.00 Wita, logistik pemilu di Kecamatan Gunung Tabur baru terhimpun mencapai 50 persen.

“Karena pemungutan suara ada yang baru selesai jam 12. Ada juga yang jam 2. Karena masalah listrik dan jaringan seperti di Kampung Birang,” bebernya.

Karena itu, usai hasil perhitungan dari setiap TPS terkumpul, logistik pemilu akan diantar terlebih dahulu ke sekretariat kampung/kelurahan sebelum diantar ke kecamatan.

“Secara umum, pungut hitung di Gunung Tabur aman. Hanya ada satu kejadian khusus dua nama punya NIK KTP yang sama. Tapi mereka tidak hilang hak suaranya,” imbuhnya.

Berbeda dengan Gunung Tabur, Ketua Panwascam Teluk Bayur Fifin Julmiansyah menegaskan pungut-hitung di Kecamatan Teluk Bayur sudah selesai dilaksanakan.

“Dan logistik seperti kotak suara dan lain-lain semuanya 100 persen sudah bergeser dari TPS ke gedung serbaguna/ balai kampung, kelurahan/kampung,” ungkapnya.

“Untuk teknis rekapitulasi itu kami belum ada undangan atau pemberitahuan dari PPK. Tapi seharusnya rekap per kelurahan dulu sebelum ke kecamatan,” ujarnya.

Setelah bergeser ke kelurahan/ kampung, tambahnya, logistik tersebut akan diantar ke pendopo kecamatan untuk diproses lebih lanjut.

“Iya. Hari ini digeser semua ke kecamatan. Kemudian hasil perhitungan sementara untuk caleg belum ada. Karena dari PTPS belum menyerahkan C hasil,” tandasnya. (TNW/FST)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan