Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
AdvertorialPemkab Berau

Gamalis: Kemasan Produk Jadi Kesan Pertama Menarik Pembeli

Avatar of Redaksi
ZonaTV
119
×

Gamalis: Kemasan Produk Jadi Kesan Pertama Menarik Pembeli

Sebarkan artikel ini
7f55289d picsart 24 04 16 13 29 39 182 11zon
IKLAN VIDEO LIST

TANJUNG REDEB – Kemasan menjadi faktor penting dalam pemasaran produk UMKM. Karena inilah, Pemkab Berau melalui Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau pun terus meningkatkan kualitas produk UMKM, salah satunya dengan menggelar pelatihan desain kemasan UMKM.

Dibuka Wakil Bupati Berau Gamalis, pelatihan pada Kamis (1/8/2024) di ruang Sangalaki Setkab Berau itu, diikuti oleh 50 peserta yang merupakan pemilik usaha UMKM dan IKM perwakilan dari 10 kelurahan se-Kabupaten Berau.

Polling
TS Poll - Loading poll ...

“Kemasan menjadi kesan pertama saat dilihat atau dipandang orang, agar kesan selanjutnya mereka tertarik untuk membeli produk itu. Dan Berau saat ini msih kurang paham soal kemasan, padahal promosi produk juga pertama kalinya dilihat dari kemasan,” jelas Gamalis.

Desain kemasan menjadi hal penting, karena selain fungsi utama pelindung produk, sekaligus juga menjadi sarana branding yang bisa membantu meningkatkan omset penjualan. Jadi saat bersanding dengan produk lain, maka produk itu akan bisa menjual dirinya sendiri.

Kepala Diskoperindag Berau, Eva Yunita dalam laporannya juga menyebut, jika pelatihan desain kemasan UMKM ini merupakan implementasi rencana aksi pengembangan UMKM, dengan orientasi skala usaha menjadi skala menengah atau naik kelas.

“Kita berharap Berau nantinya bisa tetap dipercaya menjadi tuan rumah lagi untuk gelaran pelatihan seperti ini. Karena Berau menjadi salah satu penyangga IKN nantinya, yang harus terus berbenah, khususnya untuk UMKM yang menjadi pendamping pengembangan potensi wisata,” jelasnya.

Pelatihan desain kemasan UMKM yang merupakan salah satu program Diskoperindag Provinsi Kaltim ini, digelar dua kali dengan dua angkatan. Angkatan pertama pada 20-21 Juli 2024 dengan peserta 50 orang. Dan angkatan kedua 1-2 Agustus 2024 dengan jumlah peserta juga 50 orang.

Kabid Koperasi dan UKM Diskoperindag Provinsi Kaltim, Hidayanti Darma dalam sambutannya juga mengatakan jika pelatihan yang bersumber dari dana APBD Provinsi Kaltim yang sudah masuk DPA Diskoperindag Provinsi Kaltim tertanggal 29 Desember 2023 ini, menghadirkan dua narasumber dari Poltek Samarinda.

“Harapannya, setelah adanya pelatihan ini nantinya UMKM di Berau mendapatkan pengetahuan bagaimana membuat desain kemasan produknya masing-masing. Agar produknya bisa bersaing dengan produk lain terlebih untuk pasar nasional,” tutupnya. (Adv/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan