Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BerauBerita

Selesaikan Permasalahan Hubungan Industrial Perlu Keahlian Mediasi

Avatar of Redaksi
ZonaTV
85
×

Selesaikan Permasalahan Hubungan Industrial Perlu Keahlian Mediasi

Sebarkan artikel ini
188bbe76 picsart 24 04 28 20 03 13 782 11zon
Example 468x60

Tanjung Redeb – Permasalahan hubungan industrial yang masih sering terjadi hingga hari ini, tentu membutuhkan penyelesaian yang baik. Karena itu dibutuhkan mediator yang mumpuni dan ahli dalam menangani permasalahan itu.

Subkoordinator / Mediator Hubungan Industrial Disnakertrans Berau, Adji Lidya Arlini menjelaskan untuk mencapai maksud itu, kegiatan penguatan keahlian mediasi hubungan industrial wajib diikuti oleh seorang mediator.

“Itu kan untuk menambah ilmu pengetahuan bagi mediator. Biar lebih bagus skillnya dalam menyelesaikan perselisihan hubungan industrial,” ungkapnya kepada media ini, Jumat (26/4/2024).

Disampaikannya, penguatan keahlian itu diperlukan mengingat permasalahan industrial yang terjadi akhir-akhir ini masih begitu rumit dan kompleks. Sehingga dibutuhkan mediator yang memang benar-benar ahli dan mumpuni di bidangnya.

“Apalagi di Berau, permasalahan yang terjadi setiap tahun hampir merupakan permasalahan yang sama dan kompleks,” tegasnya.

Diakuinya, untuk semua provinsi di Pulau Kalimantan, permasalahan hubungan industrial masih menjadi pekerjaan rumah untuk diselesaikan secara bersama. Karena itu, diperlukan pembahasan yang serius tentang tugas seorang mediator dalam menangani permasalahan itu.

“Dan kami mediator sering saling sharing dan diskusi dan saat ini kami mediator HI di wilayah regional Kalimantan lagi mengikuti acara penguatan keahlian mediasi hubungan industrial yang diadakan Dirjen PPHI dan Jamsos Kementerian Ketenagakerjaan yang dilaksanakan di Balikpapan selama tiga hari, 25-27 April,” imbuhnya.

Ditambahkannya, kegiatan yang diikuti semua mediator di Pulau Kalimantan ini bertujuan agar seorang mediator dapat memediasi dengan baik semua perselisihan hubungan industrial yang terjadi. Berikutnya, dapat menghadapi berbagai persoalan yang muncul dengan bijak.

“Ada 75 peserta dari semua Provinsi yakni Provinsi Kaltim, Kalsel, Kalbar, Kalteng, dan Kaltara. Dan kami tentu berterima kasih kepada Kementerian Ketenagakerjaan atas terlaksananya kegiatan ini dan ilmu yang kami peroleh,” pungkasnya. (Elton/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan