Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BerauKaltim

Jatam Kaltim: Bekas Lubang Tambang PT Berau Coal Tidak Layak Dapat Proper Hijau

Avatar of Redaksi
ZonaTV
474
×

Jatam Kaltim: Bekas Lubang Tambang PT Berau Coal Tidak Layak Dapat Proper Hijau

Sebarkan artikel ini
0feea846 picsart 24 06 24 15 08 09 093 11zon
Example 468x60

Samarinda – Jaringan Advokasi Tambang (Jatam) Kalimantan Timur (Kaltim) akhirnya memberikan tanggapan terkait bekas lahan tambang yang diduga milik PT Berau Coal. Hal ini menyusul viralnya sebuah video yang memperlihatkan bekas galian tambang batu bara di wilayah Kecamatan Gunung Tabur, Kabupaten Berau.

Video berdurasi kurang lebih satu menit tersebut telah memicu kecemasan warga Berau karena lokasi bekas tambang sangat dekat dengan kawasan Sungai Segah. Menanggapi hal ini, Dinamisator Jatam Kaltim, Mareta Sari, menegaskan bahwa PT Berau Coal tidak layak menerima penghargaan proper hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

“Mereka (Berau Coal) sangat tidak layak untuk mendapatkan penghargaan dari KLHK. Banyak kasus yang ditimbulkan oleh PT Berau Coal yang berdampak pada masyarakat Berau, seperti konflik lahan dan bekas galian lubang tambang yang viral ini. Apalagi bekas lubang tambang itu sangat dekat dengan sungai,” ungkap Mareta melalui sambungan seluler pada Kamis (27/6/2024).

Lebih lanjut, Mareta Sari menegaskan bahwa perpanjangan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Berau Coal tidak perlu diperpanjang lagi mengingat banyaknya konflik yang ditimbulkan. “Risiko pengerusakan lingkungan dan penghilangan tanggung jawab perbaikan lingkungan sangat mungkin terjadi, seperti yang terlihat di video viral ini,” tegasnya.

“Masalah-masalah yang lalu saja sampai sekarang belum dibereskan. Artinya, jika izin diperpanjang, akan menambah masalah-masalah baru,” sambungnya.

Mareta berharap, untuk mewujudkan langkah pemerintah dalam mengurangi emisi karbon, pencabutan izin-izin pertambangan batu bara di Kaltim merupakan langkah yang tepat. (*)

 

Sumber : A-News.id

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!