Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BerauBerita

Pertumbuhan Penduduk di Bumi Batiwakkal Meningkat Pesat

Avatar of Redaksi
ZonaTV
106
×

Pertumbuhan Penduduk di Bumi Batiwakkal Meningkat Pesat

Sebarkan artikel ini
ff051c33 img 20240530 wa0256 11zon
IKLAN VIDEO LIST

Tanjung Redeb – Sebagai pusat basis data yang akan dipergunakan dalam Pilkada serentak 2024 ini, Disdukcapil Berau terus melakukan update data kependudukan. Dari data yang telah dirilis oleh pusat, untuk di semester 1 ini jumlah penduduk Kabupaten Berau bertambah hingga 8 ribu lebih.

“Dari kemarin data terakhir ada 280 ribu, sekarang sudah 288 ribu. Untuk pertambahan ini sebenarnya cukup signifikan juga, walaupun tidak secepat atau setinggi Pilkada tahun 2020 lalu,” jelas Kepala Disdukcapil Berau, David Pamudji ditemui beberapa waktu lalu.

Polling
TS Poll - Loading poll ...

Data penduduk yang ada itu akan disandingkan dengan data Direktorat Jenderal (Ditjen) Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang akan keluar menjadi Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4).

Dikatakannya, untuk pertambahan penduduk ini biasanya hanya sekitar 3.500 sampai 5 ribuan per semesternya. Dan pertahunnya baru di angka 8 ribuan.

“Seperti akhir 2020 lalu kan sampai 15 ribu. Tapi kita lihat nanti di akhir 2024 ini atau sebelum gelaran Pilkada pada November mendatang, apakah pertambahannya lebih dari itu,” tambahnya.

Meskipun secara data pertambahan penduduk di Berau naik signifikan, namun untuk pergerakan perekaman hanya sedikit mengalami kenaikan. Ini karena di lima kecamatan terdekat sudah memiliki alat perekaman, sehingga tidak terlalu menumpuk di kantor Disdukcapil.

“Dan saya lihat juga untuk progres perekaman yang usia pemula dan disinkronkan dengan pemilih pemula itu sudah tidak banyak lagi. Hitungan puluhan saja. Kecuali ada pindahan dari luar, maka tidak akan terdeteksi di situ. Kecuali dia sudah lapor, kalau anaknya memang belum melakukan perekaman,” tutup David. (Tim/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan