Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
BerauBeritaPeristiwa

Kebakaran Lahan Terjadi di Kampung Tanjung Batu, Kabut Asap Ganggu Jarak Pandang

Avatar of Redaksi
ZonaTV
202
×

Kebakaran Lahan Terjadi di Kampung Tanjung Batu, Kabut Asap Ganggu Jarak Pandang

Sebarkan artikel ini
115ca969 picsart 24 08 06 17 23 49 662 11zon
IKLAN VIDEO LIST

Tanjung Redeb – Peristiwa kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi di Jalan Poros Kampung Tanjung Batu, Selasa (6/8/2024). Kebakaran ini disebabkan oleh semak belukar yang semakin mengering akibat cuaca panas yang melanda Berau belakangan ini, sehingga api dengan cepat menjalar.

Kapolsek Pulau Derawan, Iptu Iwan Purwanto, menjelaskan bahwa asap tebal yang dihasilkan oleh kebakaran ini mengganggu jarak pandang pengguna jalan. “Asap tebal yang dihasilkan mengganggu visibility pengguna jalan,” ujar Iptu Iwan. Kondisi ini tidak hanya membahayakan kesehatan pernapasan warga sekitar, tetapi juga mengancam keselamatan pengendara yang melintas di kawasan tersebut.

Polling
TS Poll - Loading poll ...

Proses pemadaman titik api masih terus dilakukan hingga saat ini. Tim gabungan yang terdiri dari kepolisian, TNI, dan Damkar Posko Tanjung Batu bekerja sama untuk memutus penyebaran api dan memastikan api tidak meluas ke area pemukiman.

Iptu Iwan menambahkan bahwa tantangan utama dalam pemadaman adalah kondisi cuaca yang panas dan angin kencang yang dapat membuat api lebih sulit dikendalikan.

Tim pemadam kebakaran telah dikerahkan dengan peralatan lengkap, termasuk mobil pemadam, alat penyemprot air, dan helikopter untuk melakukan water bombing di area yang sulit dijangkau.

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk mengendalikan api dan melindungi warga serta lingkungan sekitar,” tambah Iptu Iwan.

Iptu Iwan juga mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan petugas.

“Kami mengimbau kepada warga agar tidak panik dan mengikuti instruksi petugas di lapangan. Jangan melakukan aktivitas yang dapat memicu kebakaran, seperti membakar sampah atau membuang puntung rokok sembarangan,” tegasnya.

Selain itu, warga yang berada di sekitar lokasi kebakaran diharapkan dapat segera melaporkan jika melihat titik api baru agar dapat segera ditangani.

Kebakaran hutan dan lahan menjadi ancaman serius bagi lingkungan dan kesehatan masyarakat. Oleh karena itu, peran aktif semua pihak, termasuk warga, sangat diperlukan untuk mencegah dan menangani kebakaran hutan dan lahan secara efektif. (Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan