Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
Zona.my.id PT Zona Nyaman Indonesia
Get
Example floating
Example floating
AdvertorialPemkab Berau

Sri Juniarsih Minta Koprasi Didata Ulang

Avatar of Redaksi
ZonaTV
260
×

Sri Juniarsih Minta Koprasi Didata Ulang

Sebarkan artikel ini
07a30a71 img 20240619 wa0148 11zon
IKLAN VIDEO LIST

Tanjung Redeb – Bupati Berau Sri Juniarsih meminta Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Berau, agar mendata ulang semua koperasi yang ada di Kabupaten Berau.

“Saya sudah berkoordinasi dengan Kadis tadi, agar bisa melakukan pendataan untuk koperasi yang aktif dan tidak aktif. Sehingga, koperasi yang tidak aktif nanti bisa dihidupkan kembali dan dapat difungsikan sebaik mungkin karena untuk kesejahteraan anggota koperasi dan masyarakat,” tegas Bupati Berau Sri Juniarsih, ditemui usai peringatan ke-77 Harkopnas, Senin (15/7/2024).

Polling
TS Poll - Loading poll ...

Dikonfirmasi terpisah, Kepala Diskoperindag Berau Eva Yunita menjelaskan jika keaktifan koperasi ini menjadi salah satu perhatian dari Diskoperindag Berau.

“Waktu saya pertama masuk menjabat Kadis di sini, saya minta data terkait dengan koperasi ini. Dan dari sisi data, koperasi itu banyak sekali hingga 400an. Tetapi yang aktif itu hanya sekitar 50% saja,” ujarnya.

Dan saat ini, dikatakan Eva, Diskoperindag juga sudah mulai melakukan pendataan secara masif. Dan hasilnya, saat ini banyak koperasi yang aktif, tapi tidak melaksanakan rapat anggota tahunan (RAT). Ada yang komplit sampai RAT dan berkas lainnya. Tapi ada koperasi yang saat ini sedang berjalan, tapi tidak sampai melaksanakan RAT.

“Artinya, ada kooperasi yang sama sekali tidak ada kegiatannya. Nah itu kami klasifikasi, sehingga nanti di tahun ini sudah mulai pendataan, dan tahun depan kami fokuskan ke kooperasi yang tidak aktif untuk diusulkan pembubaran,” tambahnya.

Agar mendapatkan data valid, Diskoperindag Berau, dikatakan Eva juga melakukan program jemput bola, dalam artian bahwa Diskoperindag yang aktif mendatangi koperasi-koperasi tersebut. Dengan begitu akan diketahui permasalahannya, kenapa sampai tidak berjalan atau apa, mungkin ada permasalahan dan sebagainya.

“Setelah kita data, ada kadang-kadang koperasi itu yang memang sudah tidak ada sama sekali, baik penghuninya maupun berkas pendukung lainnya. Kategori itu tentunya kami akan mengusulkan secara undang-undang untuk dilakukan penghapusan,” pungkas Eva. (Adv/Fery)

Example 300250
Example 120x600

Tinggalkan Balasan